Tipuan di Facebook Rugikan Wanita Rp 40 Juta


Jakarta – Tipu-tipu di Facebook memakan korban seorang wanita Amerika Serikat. Ia kehilangan uang US$ 4000 atau sekitar Rp 40 juta yang dikirimkan pada seseorang yang menyamar sebagai seorang temannya di Facebook.

Kasus ini bermula ketika rekan korban yakni Grace Perry tak bisa mengakses account Facebooknya. Menurut polisi, seseorang berhasil menjebol account-nya, menyamar sebagai Parry, lalu mengirim pesan kalau Parry ditahan di London dan membutuhkan uang.

Rekan-rekan Parry pun mendapat kiriman pesan tipuan tersebut. Selain itu, sebagian dari mereka juga ditelepon oleh pria beraksen Inggris yang mengklaim sebagai aparat imigrasi.

“Dia berkata kalau Parry dan suaminya ditahan dan dibutuhkan uang untuk memulangkan mereka kembali ke rumah,” tukas opsir Jason Selzer seperti dikutip detikINET dari eTaiwanNews, Kamis (3/9/2009).

Parry sebenarnya sudah mencoba untuk memperingatkan teman-temannya mengenai pesan palsu tersebut. Namun tetap saja seorang temannya terlanjur menjadi korban dan mengirim banyak uang pada sang penipu.

Selzer pun menghimbau para pengakses internet agar lebih hati-hati. Langkah prevetif misalnya mengganti password secara berkala, waspada terhadap situs phishing dan selektif memposting informasi pribadi.

Sedangkan pihak Facebook yang diwakili juru bicaranya, Simon Axten menyatakan kasus semacam itu tidak umum terjadi. Kaum kriminal biasanya mendapat informasi login user via situs phishing, yakni situs palsu yang menyerupai situs asli. Tipuan di Facebook Rugikan Wanita Rp 40 Juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: