Firefox Sering Ngadat, Apakah Terserang Virus?


Jawaban [Vaksincom] :

Lakukan langkah berikut untuk menganalisa masalah yang anda hadapi:

Ada masalah dengan Winsock.

Untuk mengatasinya lakukan langkah berikut ini :

– Klik [Start][Run] ketik “cmd” untuk membuka konsol command prompt.

– Ketik “netsh” (tanpa tanda petik) lalu tekan [Enter]

– Ketik “winsock” (tanpa tanda petik) dan tekan [Enter]

– Ketik “reset” dan restart PC anda.

Jika masih belum menyelesaikan masalah. cek apakah browser lain lancar-lancar saja atau juga not responding (coba jalankan Internet Explorer, Chrome, Opera atau Safari).

Jika :

A. Browser lain juga not responding, kemungkinan besar ada masalah dalam koneksi internet anda dan masalahnya bukan di Firefox anda. Jadi anda perlu memeriksa koneksi internet dengan melakukan ping / traceroute dari command prompt.

Ping untuk memastikan bahwa koneksi internet tidak putus karena kalau putus akan mendapatkan pesan “timeout” sedangkan traceroute (tracert) untuk mengetahui dengan lebih tepat pada bagian / sub network mana koneksi kamu menghadapi masalah, apakah pada internal atau pada koneksi ISP.

Cara melakukan ping di command prompt adalah dengan mengetikkan :

Ping “alamat situs tujuan”

B.Browser lain lancar-lancar saja dan hanya Firefox yang menghadapi masalah.

Kalau memang ini gejalanya jelas ada masalah dalam Firefox anda. Salah satu kemungkinan adalah settingan proxy yang salah pada Firefox. Pastikan settingan proxy Firefox sama persis dengan browser lain. Selain itu, jika kamu menggunakan Firewall, pastikan bahwa Firefox mendapatkan hak akses dari Firewall untuk mengakses internet.

Jika settingan proxy Firefox dengan browser lain sudah persis sama, Firewall tidak memblok Firefox anda dan masalah masih tetap timbul, kemungkinan besar memang ada masalah pada aplikasi Firefox anda. Apakah terjadi korup atau ada add on yang menyebabkan bloking pada Firefox anda.

Vaksincom pernah mengalami aplikasi Facebook yang sering hang jika menggunakan Firefox dan setelah di coba-coba menonaktifkan Add-ons “No-Referrer” yang terpasang, rupanya ada aplikasi ini yang menyebabkan masalah ini dan setelah dinonaktifkan Facebook berjalan dengan lancar. Untuk mengakses menu Add-on pada browser Firefox klik [Tools][Add-ons]. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: